MACAM MACAM IKATAN (SIMPUL ) PIONERING DAN CARA MEMBUATNYA

MACAM MACAM IKATAN (SIMPUL ) PIONERING DAN CARA MEMBUATNYA
Macam Macam Ikatan Pionering Dan Cara Membuatnya - Dalam Gerakan Pramuka , Pionering adalah seni menggunakan tali dan tongkat kayu/bambu yang dipadu dengan ikatan dan simpul untuk menciptakan sebuah struktur atau rangka bangunan. Pionering dapat digunakan untuk membangun benda-benda kecil seperti Rangka Tenda atau Peralatan  berkemah hingga struktur yang lebih besar seperti jembatan dan menara yan bersifat rekreasi , dekoratif , atau fungsional .
Dalam dunia kepramukaan Pionering sering digunakan sebagai materi latihan yang menantang, alih-alih dengan tantangan tersebut jelas antusias peserta didik akan terlihat dan merangsang kreatifitas mereka. Model-model yang dibuat dalam pionering yang sederhana misalnya adalah berupa bentuk jemuran, bintang, dragbar, tiang bendera, dan bentuk sederhana lainnya. Sedangkan bentuk-bentuk yang cukup rumit adalah seperti menara isyarat, menara pengintai, gapura dengan bentuk yang rumit, pesawat jet, meja makan dan masih banyak lagi.
Pionering adalah salah satu teknik kepramukaan yang mempelajari tentang pembuatan model suatu objek dengan menggunakan peralatan tongkat, tali, maupun stik (tongkat ukuran pendek) .Dalam pionering terdapat 4 ikatan yang sering digunakan yaitu ikatan silang, palang, canggah, dan ikatan untuk kaki 3 atau lebih. Yang terpenting adalah kreatifitas dan kemampuan kita dalam pembuatan model yang kita inginkan.
IKATAN PALANG


         Ikatan Palang adalah ikatan yang berguna untuk menggabungkan 2 tongkat yang posisinya saling tegak lurus(membentuk sudut mendekati 90derajat). Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat simpul pangkal di salah satu tongkat. Kedua yaitu mulai mengikat tali pada 2 tongkat dengan pola seperti simpul jangkar, namun diarahkan pada 2 tongkat yang saling menimpa. Posisikan tongkat secara tegak lurus satu sama lain dan selama proses mengikatkan tali, tangan kiri kita selain memegang tongkat juga harus memegang tali dengan cara menekannya pada tongkat agar selalu kencang. Lakukan pengikatan idealnya 4 ikatan tiap 1 tongkat. Selanjutnya buatlah pengikatan pada tali yang terletak diantara tongkat sebanyak 3 kali, gunanya yaitu untuk mencekik ikatan yang sudah kita buat. Kemudian buat simpul pangkal untuk tahap akhirnya, bisa juga ditambahkan simpul setengah mati.

IKATAN SILANG


Ikatan silang adalah ikatan yang juga berguna untuk menggabungkan 2 buah tongkat namun dengan posisi tongkat tidak membentuk sudut 90derajat. Langkah pertama adalah buat 1 simpul tambat pada kedua tongkat.
Kemudian mulai ikat tali pada tiap 2 sudut tongkat yang saling bertolak belakang. Pengikatannya yaitu dengan cara melintang sebanyak 4 ikatan. Ulangi pada sisi satunya. Jika sudah, buat pengikatan tali untuk mencekik ikatan yang sudah dibuat. Untuk kekuatan ikatan, gunakan tips diatas(ikatan palang). Langkah akhir adalah membuat simpul pangkal+setengah mati.
IKATAN CANGGAH(MENYAMBUNG TONGKAT)


Ikatan Canggah adalah ikatan yang berguna untuk menyambung 2 tongkat yang posisinya saling bertemu lurus. Ada banyak variasi mengenai pembuatan ikatan canggah. Ikatan canggah dapat dilakukan menggunakan tali 5 meter atau 10 meter. Namun untuk efisiensi waktu tali dengan panjang 5 meter sudah cukup. Pertama, tali kita bagi menjadi 2 bagian. Kemudian susun tongkat saling berpelurus dengan overlap kedua tongkat sepanjang 30cm. Posisikan tongkat dilantai, kemudian gunakan setiap bagian tali untuk menyusuk tali masing-masing sisi tongkat yang saling overlap.


IKATAN KAKI 3 ATAU LEBIH

Ikatan Kaki Tiga atau Lebih adalah ikatan yang berguna untuk menggabungkan 3 tongkat atau lebih dengan posisi saling sejajar atau sebagian saling berpelurus. Langkah-langkahnya adalah susun tongkat saling berpelurus atau saling sejarar. Kemudian lakukan simpul pangkal pada salah satu tongkat. Langkah selanjutnya adalah mulai mengikta tali pada tongkat sesuai dengan pola anyaman. Lakukan 4 kali agar lebih kuat dan rapi. Setelah itu lakukan pengikatan untuk mencekik ikatan yang sudah dibuat. Langkah terakhir adalah buat simpul pangkal setengah mati.


Cara Membentuk Ikatan Palang

Cara Membentuk Ikatan Silang



Cara Membentuk Ikatan Kaki



Demikian MACAM MACAM IKATAN (SIMPUL ) PIONERING DAN CARA MEMBUATNYA  . Semoga dapat bermanfaat . Jangan lupa baca Juga MACAM - MACAM PIONERING  . Selamat Memandu ............ (-_*)

Post a Comment

0 Comments